PENILAIAN AUTENTIK
Penilaian Autentik adalah pengukuran atas proses dan hasil belajar peserta didik untuk ranah sikap (afektif), keterampilan (psikomotor), dan Pengetahuan (kognitif)
Penilaian autentik terdiri dari berbagai teknik penilaian, yaitu
- Pengukuran langsung keterampilan peserta didik yang berhubungan dengan hasil jangka panjang pendidikan, seperti kesuksesan di tempat kerja.
- Penilaian atas tugas-tugas memerlukan keterlibatan yang luas dan kinerja yang kompleks
- Analisis proses yang digunakan untuk menghasilkan respon peserta didik atas perolehan
- sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang ada.
Jenis-Jenis Penilaian Autentik
1. Penilaian Kinerja
Cara yang bisa diterapkan untuk penilaian berbasis kinerja :
- Daftar Cek (checklist) Digunakan untuk mengetahui muncul atau tidaknya unsur-unsur tertentu dari indikator yang harus muncul dalam sebuah peristiwa/tindakan.
- Catatan Anekdot/narasi (anecdotal/narative records) Digunakan dengan cara guru menuliskan laporan narasi tentang apa yang dilakukan oleh masing-masing peserta didik selama melakukan tindakan.
- Skala Penilaian (rating scala) Menggunakan skala numerik berikut predikatnya. Misalnya 5 = baik sekali, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, 1 = kurang sekali
- Memori atau ingatan (memory approach) Digunakan dengan cara mengamati peserta didik ketika melakukan sesuatu dengan tanpa membuat catatan.
Untuk mengamati
kinerja peserta didik dapat menggunakan alat/instrumen, seperti :
penilaian sikap, penilaian diri, observasi prilaku, pertanyaan langsung,
atau pertanyaan pribadi.
2. Penilaian Proyek
Penilaian Proyek
merupakan kegiatan penilaian terhadap tugas yang harus diselesaikan
peserta didik berdasarkan periode atau waktu tertentu. Penilaian proyek
berfokus pada perencanaan, pengerjaan, dan produk proyek.
Produk akhir dari
sebuah proyek memerlukan penilaian khusus. Penilaian produk meliputi
penilaian atas kemampuan peserta didik menghasilkan produk, seperti
makanan, hasil karya seni (gambar, lukisan, patung, dan lainnya),
barang-barang terbuat dari kayu, plastik, kertas, dan karya logam.
3. Penilaian Portofolio
Penilaian Portopolio
merupakan penilaian atas kumpulan karya peserta didik, baik secara
perorangan atau kelompok. Karya tersebut, misalnya menyusun atau membuat
karangan, puisi, surat, gambar, foto, lukisan, laporan penelitian, dan
lain-lain.
4. Penilaian Tertulis
Tes tertulis terdiri
dari memilih atau mensuplai jawaban dan uraian. Memilih jawaban
terdiri dari pilihan ganda, pilihan benar-salah, ya-tidak, menjodohkan,
dan sebab-akibat. Mensuplai jawaban terdiri dari isian atau melengkapi,
jawaban singkat, dan uraian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
1. Berikan komentar di sini
2. Tetapi Komentar tentang Postingan kami, Bukan Iklan.
3. Jika terdapat iklan terpaksa kami hapus